Maaf sedang ada perbaikan coding template dalam blog M2ndA

Rabu, 09 Mei 2012

Game Engine untuk membuat game karya sendiri

Hello readers! Kali ini M2ndA kembali lagi untuk memberi tahu tentang pembuatan game dan enginenya. Sebelumnya agan-agan pernah berpikir suatu hal, bagaimana caranya membuat game ala sendiri? Memang ada caranya dan juga tutorialnya tetapi kalian juga perlu tau hal-hal apa saja yang perlu kalian ketahui dalam pembuatan game. Berikut adalah keterangan kecilnya:




  1. Planning - Kira-kira kalian ingin membuat game seperti apa? Bagaimana dengan alur story dalam gamenya? Gameplay seperti apa yang ingin kita buat? 
  2. Game Engine - Ini adalah suatu kebutuhan yang paling mendasar yang dibutuhkan untuk membuat game. Game Engine adalah suatu sistem operasi untuk menjalankan game yang kita buat.
  3. Tools untuk Game Engine - Tools disini maksudnya adalah alat-alat yang dipakai untuk pembuatan game. Tetapi biasanya alat-alat untuk membuat game ini bisa kalian dapatkan ketika mendownload Game Engine, tapi ada juga yang harus kalian cari sendiri.
  4. Programming - Pernah belajar Turbo Pascal atau mungkin Visual Basic? Itu adalah salah satu dari bahasa pemograman yang mendasar yang kita pelajari disekolah. Tetapi membuat game yang bagus pastinya juga perlu tingkat bahasa pemograman yang tinggi seperti C++. Biasanya bahasa pemograman digunakan untuk membuat skrip dalam game.
  5. Logika - Membuat game lebih dari sekedar hanya membuat. Kalian suka matematika atau fisika? Kalian juga harus mengandalkan ilmu fisika dan matematika dalam pembuatan game.
Khusus untuk artikel ini, M2ndA akan memberikan sedikit informasi soal Game Engine. Berikut adalah list kecil yang yang ane buat untuk para agan-agan:

RPG Maker Series

Ini adalah salah satu alat pembuat game RPG (Role Playing Game) yang paling praktis bahkan juga tidak perlu menggunakan bahasa pemograman! Ini adalah game engine yang dapat membuat game-game RPG klasik seperti Final Fantasy jadul di NES (Nintendo). RPG Maker banyak sekali serinya, mulai dari RPG Maker 95 hingga RPG Maker VX. Untuk RPG Maker versi jadul (RPG Maker 95,200,2003) dapat kalian download secara gratis, tetapi untuk seri terbaru RPG Maker (XP,VX) kalian perlu membeli programnnya.


Unreal Development Kit (UDK) - Unreal Engine 3

Pernah bermain Unreal Tournament, Last Remnant, atau Alice Madness Return? Nah, game-game tersebut dibuat dengan menggunakan Unreal Engine 3. Unreal Engine 3 ini bisa dibilang sangat berat dan powerful karena dapat menghasilkan grafis yang keren. Sebenarnya Unreal Engine 3 merupakan Engine khusus untuk developer besar seperti Epic Games, tetapi kalian dapat mencoba memakainya secara Non-Komersial dengan UDK. UDK sebenarnya tidak begitu sulit untuk digunakan karena banyak fitur-fitur yang mempermudah dalam pembuatan game, tetapi bila kalian mahir dengan C++, kalian dapat memaksimalkan UDK!

Game Maker 8

Game Maker 8 sebenarnya adalah engine yang multi fungsi seperti Unreal Engine 3. Game Maker 8 dapat digunakan untuk membuat game-game seperti Mario Bros, Pinball, atau mungkin TWHG (The World Hardest Game). Tetapi meskipun lebih keseringan orang-orang memakai Game Maker 8 untuk membuat game 2D, Game Maker 8 juga bisa membuat game yang 3D. Untuk pembuatan gamenya mungkin terbilang agak sulit karena menggunakan bahasa pemograman seperti C++


RenPy

Diantara dari berbagai engine yang telah disebutkan, game engine yang satu ini sangat berbeda dengan game engine yang baru saja disebutkan. RenPy ini adalah alat untuk membuat game bertemakan Visual Novel. Pernah bermain game Visual Novel seperti Sim Girl atau Fate Stay Night? Seperti itulah RenPy dapat digunakan untuk membuat game yang serupa. RenPy juga membutuhkan bahasa pemograman tetapi berbeda dengan Game Maker 8 dan Unreal Engine, RenPy menggunakan bahasa pemograman Python. Untuk membuat game dengan RenPy, gak perlu repot baca tutorial Python di situs pythonnya, langsung saja ketutorial RenPy. ^_^




IG Maker (Indie Game Maker)

Game engine yang satu ini sama penerbitnya dengan RPG Maker Series. Kalo dulu Enterbrain (Pembuat RPG Maker) hanya membuat Game Engine yang bisa membuat game RPG saja, di IG Maker kali ini bisa membuat 1 diantara 3 genre game yaitu action RPG, shooters, atau platformers seperti Mario Bros. IG Maker tidak begitu sulit untuk dipakai karena kalian bisa membuat game langsung dengan template yang disediakan oleh IG Maker.

GoldSrc (Gold Source)

Pernahkah agan-agan bermain Counter-Strike, Half-Life, atau Day Of Defeat? Game Engine yang satu ini adalah salah satu Engine yang paling sering dipakai oleh para modders diModdb. Meskipun engine ini sudah tergolong jadul, tetapi engine ini masih bisa dirombak habis-habisan. Membuat game dengan GoldSrc sangatlah tidak mudah karena membutuhkan skill bahasa pemograman C++, bahkan yang paling parah lagi tidak ada alat khusus untuk membuat gamenya seperti RPG Maker atau UDK. Yang dibutuhkan untuk membuat game dengan engine GoldSrc hanyalah sebuah SDK Half-Life (SDK sebenarnya dapat dibilang sebagai kode-kode yang telah ditulis oleh pembuat game dan dipublikasikan bagi yang mau membuat game) dan tools lainnya seperti Hammer Editor untuk mapping, Notepad++ atau VS untuk mengedit skrip SDK, Sprite Maker atau Resource Hacker. Bisa dibilang sangat sulit apalagi bagi agan-agan yang masih awam tentang pembuatan game.

Source Engine



Source Engine merupakan engine kedua dari pembuat Counter-Strike yaitu Valve. Game Engine ini pun juga paling sering digunakan oleh para modders diModDB. Source Engine juga memiliki kualitas gambar yang bagus dan keren. Tidak begitu berat seperti Unreal Engine 3. Meskipun begitu cara untuk membuat game dengan Engine ini tidak sesulit Goldsrc karena Valve sudah menyediakan SDK khusus untuk orang-orang yang ingin membuat game. Selain itu, didalam SDK tersebut, juga tersedia alat-alat untuk membuat skrip, map, dan plugin untuk model supaya bisa diport ke Source lewat 3DSMax. Source Engine juga memerlukan bahasa pemograman C++.

FPS Creator

Ini merupakan Game Engine yang sangat simple tapi juga efektif. Dengan FPS Creator, kalian dapat membuat FPS seperti Half-Life dengan cepat dan mudah! Tidak memerlukan bahasa pemograman, tetapi jika kalian bisa, kalian dapat memaksimalkan engine ini seperti UDK. Pemakaian FPS Creator pun tergolong tidak sulit. Meskipun Engine ini mudah dan efektif tetapi untuk memakainya kalian perlu membeli programnya. Untuk versi gratisnya sudah tersedia yaitu FPS Creator Lite.

Nah bagaimana? Dari engine-engine yang telah disebutkan, kira-kira kalian ingin pakai yang mana? Sebenarnya masih banyak sih soal engine-engine yang dipakai untuk game hanya saja belum disebutkan seperti Panda3D, Love Engine, Ogre3D, Frostbite dan lainnya. Semoga bermanfaat ^_^

Credits and Source : Uncle Google, M2ndA Team, Former of IXA Project.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sebelum mempostkan komentar, Baca baik-baik dan taati apa yang ada didalam "RULES OF AVENUE".

Still in Construction. Check back later....