Maaf sedang ada perbaikan coding template dalam blog M2ndA

Kamis, 03 November 2011

[TUTORIAL] Jed's Half-Life Model Viewer alias JHLMV (INDO)

Hi smua! Kali ini ane akan memberikan tutorial tentang JHLMV atau yang kita kenal sebagai Jed's Half-Life Model Viewer. Sebenenya JHLMV itu apa? JHLMV itu adalah program untuk melihat file model dari game Half-Life atau jenis game yang lain selain Half-Life yang masih menggunakan GoldSrc Engine (seperti Counter-Strike 1.6, Day of Defeat, atau lainnya). Alat ini sangat berguna bagi kalian para pengguna custom skin dari Counter-Strike 1.6 atau lainnya untuk melihat preview dari model tersebut.
Alat ini juga dilengkapi dengan tools yang berisi compiler dan decompiler model yang berguna untuk mengedit file yang ada dalam model goldsrc. Dengan tools ini pun kalian juga bisa mereskin model goldsrc seperti
mereskin model Counter-Strike 1.6 yang biasa kalian lihat di FPS Banana. Penasaran cara pakenya? Oke siap-siap untuk mulai lesson dari ane gan ^_^

[INSTALASI]
1. Pertama kalian harus download JHLMV dan tools terlebih dahulu. (Kalian bisa ambil di link ini.)
2. Okey, setelah kalian mendownload semua file yang dibutuhkan, waktunya untuk instalasi. Buka hlmv136_setup.zip dengan WinRAR ataupun WinZip.
3. Extract lah file tersebut dimana saja atau langsung buka file tersebut.
4. Muncul dialog instalasi dari JHLMV. Sekarang kalian Next.
5. Tentukan tempat instalasi JHLMV (Default: C:\Program Files\Jed's Half-Life Model Viewer 1.3.6\)
6. Next 
7. Sekarang kalian sudah bisa menjalankan JHLMV, jalankan program tersebut.
8. Nah, nanti akan muncul layar JHLMV. Sementara waktu kalian harus me minimize layar tersebut.
9. Sekarang kalian perlu mengextract tools compiler dan decompiler tersebut.(Archivena yang berjudul mdldec12 dan studiomdl_dod1.3)
10. Extract kedua rar tersebut difolder dimana kalian menginstall JHLMV.
11. Sesudah itu kalian perlu menyetting path dari toolsnya.
12. Buka kembali layar JHLMV yang diminimize tadi. 
13. Klik Tools>Configure Tools...
14. Setting path dari file tersebut (Bila kalian mengextract tools compiler dan decompiler tadi di folder JHLMV, kalian bisa setting seperti digambar berikut.)
15. Nah semua installasi sudah selesai!

[TUTORIAL COMPILE DAN DECOMPILE MODEL]

Mudah saja, kalian sudah menyetting compiler dan decompiler tersebut jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan ^_^

Decompile:
1. Pilihlah model yang ingin kalian decompile.
2. copy file model tersebut (yang berformat .mdl) kedalam suatu New Folder.
3. buka JHLMV
4. Klik Tools>Decompile Model....
5. Pilih file .mdl yang tadi kalian copy di New Folder
6. Ok dan tunggu sampai process decompile selesai.

PERINGATAN! KALIAN TIDAK BOLEH MENUTUP LAYAR HITAM DECOMPILE KARENA AKAN MERUSAK MODEL!

Compile:
1. Step ini hanya bisa kalian lakukan bila model yang belum di compile atau mungkin sudah didecompile
2. Buka JHLMV dan klik Tools>Compile Model....
3. Pilihlah QC Script yang ingin kalian jadikan model
4. Tunggu sampai process compile selesai.... JANGAN MENUTUP LAYAR HITAM COMPILER!

Chrome Texture:

Ini adalah step termudah untuk membuat suatu model menjadi berkilau *_* Hehehe..... maksudnya seperti ini:
Biasa
Chrome Texture

Tapi sebenarnya akan lebih keren kalo kalian mau buat weapon dengan texture berkilai di CS

1. Buka Model yang ingin kalian buka
2. Buka Tab texture
3. Pilihlah texture yang ingin kalian centang Chrome
4. Centang Chrome untuk texture yang ingin kalian buat chrome
5. File>Save Model As....
6. Selesai!

Selanjutnya Post ini akan diupdate

EDIT: Sorry! Untuk gambar kecil Configure Setting Tool compile dan decompile pathnya terbalik!

Thx to Wunderboy, JHLMV, M2ndA Team!

1 komentar:

  1. cara nambahin weapon di CS Extreme gimana ya gan ?

    BalasHapus

Sebelum mempostkan komentar, Baca baik-baik dan taati apa yang ada didalam "RULES OF AVENUE".

Still in Construction. Check back later....