Maaf sedang ada perbaikan coding template dalam blog M2ndA

Minggu, 16 September 2012

GTA SA - Cara pemasangan Skin dan Mod

Ane mempostkan ini soalnya waktu itu ada yang merequest bagaimana caranya memasangkan Mod dan juga Skin kedalam GTA San Andreas versi PC. Maaf kalo agak telat soalnya ane nggak punya banyak waktu untuk menjelaskan secara detail :(



Pertama-tama apa yang kalian perlukan? Yang pastinya ada GTA San Andreas versi 1.0 baik itu versi Rip maupun Full. Jika agan-agan memakai GTA San Andreas versi 2.0 maka agan-agan perlu mendowngrade GTA San Andreas agan-agan untuk dapat memasang Mod atau Skin. Ane akan menjelaskan sedikit cara memasang mod dan skin.

Menggunakan Script Mod dari CLEO 3:
Sebelumnya apa itu CLEO 3? CLEO sebenarnya merupakan salah satu program yang mirip dengan plugins untuk GTA San Andreas. CLEO 3 sebenernya mirip-mirip dengan AmxModx milik Half-Life. Lalu bagaimana cara memakainya? Cukup mudah. Pertama-tama kalian perlu mendownload CLEO 3 di Cleo Sannybuilder. Setelah itu install Cleo 3 tersebut kedalam folder GTA San Andreas milik agan. Kalau sudah sekarang saatnya memasukan scriptnya kedalam folder CLEO yang ada di GTA San Andreas. Jalankan GTA San Andreas dan Script tersebut agan berjalan.


Bila CLEO 3 dan Script agan ditaruh dengan benar maka dimenu GTA San Andreas akan muncul seperti ini:


Karena ane memasang 25 script didalam CLEO 3 maka script yang keload pun juga 25 ^_^

Memasangkan Skin atau Ped:
Ped sebenernya adalah singkatan dari pedestrian alias pejalan kaki. Kalo kalian sering maen GTA San Andreas dan melihat banyak pejalan kaki yang sedang berjalan, itu namanya Ped ^_^. Nah untuk mereskining Ped tersebut kalian memerlukan dua buah alat yaitu IMG Tool dan Ped Editor. Kegunaan dari IMG Tool adalah untuk membuka file IMG milik GTA San Andreas. Dengan IMG Tool kita dapat mengotak-atik isi dari file GTA San Andreas. Lalu Ped Editor untuk apa? Ped Editor sebenarnya untuk melihat database pedestrian/pejalan kaki di GTA San Andreas. Kalo masih belum ada gambaran ane akan memberikan sedikit gambaran seperti ini:



Beberapa langkah yang harus ditempuh untuk memasangkan skin kedalam IMG GTA San Andreas:
1. Buka Ped Editor lalu lihat Peds yang ingin kamu ganti (misalnya aku mau mereplace "BFOST")
2. Lalu buka IMG Editor dan load gta3.img yang ada difolder models milik GTA San Andreas.
3. Gunakan search untuk mencari Peds yang ingin kalian ganti (misalnya aku ingin mereplace "BFOST" maka aku harus mengsearch "BFOST" dengan bantuan search
4. Setelah ketemu, disana pastinya ada dua buah file dengan ext berbeda. .dff dan juga .txd (Kalau aku search "BFOST" maka filenya ada dua yaitu BFOST.dff dan BFOST.txd
5. Untuk berjaga-jaga kalian bisa backup file tersebut dengan cara mengextractnya.
6. Delete kedua file dff dan txd yang baru saja kalian search (Kalau tadi aku search "BFOST" dan ketemu file BFOST.dff dan BFOST.txd maka aku akan mendelete kedua file itu.
7. Sekarang kalian bisa memasukan skin. Masukan file model skin yang kalian download dengan menggunakan Commands->Add (Misalnya aku ingin mereplace BFOST dengan model kasumi maka aku perlu Add file kasumi.dff dan kasumi.txd)


8. Kalau sudah sekarang tinggal kalian rename filenya (Bila tadi aku mendelete BFOST dan menggantikannya dengan kasumi maka aku perlu merename kasumi.dff menjadi BFOST.dff dan juga kasumi.txd menjadi BFOST.txd)

9. Sekarang tinggal kalian jalankan GTA San Andreas kalian dan lihat hasilnya ^_^
Sedikit ulasan dari ane, bila ingin melihat hasil dari pemasang skin dan mod ini bisa kalian dipost ane yang berjudul "Akibat dari kegilaan Mod GTA San Andreas"



Credits : GTAGaming, GTAGarage, Yuniwii, TheGTAPlace, My Second Avenue Group

5 komentar:

  1. gan?? knapa tidak di Replace kan langsung, dan tanpa harus mendelete BFOST.dff tersebut ??

    BalasHapus
  2. kalo pake IMG Tool emang harus di delete dulu gan. Ane rekomendasi aja nih, pake spark aja gan, gk perlu di delete langsung import *.txd sama *.dff nya aja

    BalasHapus
  3. ped editor cara searchnya gimana gan ?

    BalasHapus
  4. Kan gw masang mod pejalan kakai naruto kecil malah jadi putih ?

    BalasHapus

Sebelum mempostkan komentar, Baca baik-baik dan taati apa yang ada didalam "RULES OF AVENUE".

Still in Construction. Check back later....